Gerakan Sederhana Pereda Nyeri Leher

Tidak sedikit orang yang mengalami stres baik secara fisik ataupun emosional setelah menjalani rutinitas yang melelahkan sepanjang hari.


Hal ini kadang-kadang memicu rasa nyeri atau pegal-pegal di beberapa bagian tubuh misalnya leher. Yaa, nyeri di leher banyak dialami orang terutama yang pekerjaannya mengharuskan ia duduk berlama-lama di kursi untuk menyelesaikan tugasnya.

Gerakan-Gerakan Pereda Nyeri Leher

Jika anda termasuk orang yang sering mengalami nyeri leher, ada beberapa tips sederhana untuk mengatasinya, tanpa membutuhkan peralatan khusus. Tips-tips ini berupa gerakan-gerakan sederhana yang dinilai cukup efektif dalam meredakan pegal-pegal di sekitar leher, bahkan juga bermanfaat untuk menjaga konsentrasi.

  • Angkat bahu

Gerakan pertama yang harus anda lakukan adalah mengangkat kedua bahu. Sambil menarik nafas, angkatlah bahu sampai mendekati telinga selama kurang lebih 3 detik. Setelah itu buanglah nafas sambil menjatuhkan hau. Ulangi hal ini sebanyak 5x.
  • Miringkan kepala
Secara perlahan, miringkan kepala ke arah kanan. Jatuhkan telinga kanan ke arah bahu kanan. Apabila sudah mencapai titik maksimal, lakukan gerakan yang sama di sisi berikutnya (kiri). Ulangi gerakan ini masing-masing 5x, namun tidak perlu lama-lama.
  • Regangkan dada
Letakkan tangan di pinggang, kemudian ambil nafas dalam-dalam. Keluarkan nafas secara perlahan, tundukkan kepala sampai dagu menyentuh di dada atas. Pada saat yang bersamaan, katupkan tulang belikat (bagian belakang) sehingga dada menjadi tertarik dan meregang.
  • Mengangguk
Tundukan dagu ke dada secara perlahan selama kurang lebih 3 detik. Pastikan hanya leher yang bergerak, jangan libatkan punggung bagian atas. Setelah itu tegakkan lagi kepala, kemudian dongakkan sampai otot-otot di area kerongkongan tertarik. Lakukan halini hingga 5x, namun tidak perlu lama-lama.
  • Pijat sendiri
Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah memijat sendiri bahu anda. Letakkan tangan kiri di bahu kanan, kemudian miringkan kepala anda ke kiri. Pijat bahu secara ringan di titik-titik yang terasa pegal, lakukan secara perlahan. Jika sudah nyaman, ulangi gerakan ini pada sisi yang lain.

Gerakan Sederhana Pereda Nyeri Leher